Selasa, 07 Oktober 2014

Pengertian, Persamaan, dan Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan sosial



BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Manusia dikata kan sebagai mahkluk sosial, sehubungan dengan pernyataan tersebut kita tidak akan pernah lepas dengan interaksi sosial antar manusia yang tidak bisa hidup tanpa adanya manusia satu dengan lain nya sehingga terjadi interaksi sosial dan hubungan timbal balik. Tanpa adanya ilmu sosial kita tidak tahu dan mengarti akan hubungan yang dapat menyatukan interaksi antar sesama.
Sebagai mana kita di ajarkan berinteraksi sejak dini di harapkan kita dapat mengenal dan menerapkan interaksi tersebut dengan benar,dari hal yang sederhana seperti cara berbicara,sopan santun,tanggung jawab yang akan mengharmoniskan kita dalam berinteraksi sosial dengan sesama sehingga tercipta suatu hubungan yang sederhana,utuh dan nyaman karena hubungan interaksi yang selaras.
Dengan ini saya menyimpulkan bahwa interaksi sosial merupakan bukti ilmu sosial dasar yang tercipta dengan harmonis akan menyelaraskan hubungan interaksi masyarakat luas. Sehingga perlu di ajar kan sejak dini agar kita tidak salah dalam berinteraksi.


BAB II
PEMBAHASAN 

1. Pengertian

1.1   Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari gabungan disiplin ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial tersebut adalah : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikokologi sosial. Dengan begitu antara ilmu-ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipil.
Ilmu sosial dasar memberikan dasar-dasar pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial yang terjadi di masyarakat kepada mahasiswa, yang diharapkan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberi alternatif pemecahan masalah dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga mahasiswa dapat berperan serta dalam mewujudkan hubungan yang harmonis kepada masyarakat.
 Ilmu sosial dasar menyajikan pemahaman mengenai hakekat manusia sebagai makhluk sosial dan masalah—masalahnya dengan menggunakan kerangka pendekatan yang melihat sasaran studinya sebagai suatu masalah obyektif dan subyektif.

1.2 Ilmu Pengetahuan Sosial
ilmu pengetahuan sosial (Inggris:social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metoda kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.
Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial.[1] Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya.

2. Persamaan dan Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

2.1 Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
·         Keduanya sama-sama merupakan kajian/bahan studi dalam kepentingan program pendidikan.
·         Materi yang disajikan sama-sama membahas tentang ilmu sosial, fakta sosial, dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
·         Keduanya tidak berada dalam disiplin ilmu yang bediri sendiri.
·         Nilai utama dalam kedua ilmu ini adalah tentang interaksi sosial.
2.2 Perbedaan Ilmu Sosial dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
·         ISD diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan hanya di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
·         Ilmu Sosial Dasar merupakan satu mata kuliah yang tunggal, sedangkan  Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
·         Ilmu Sosial Dasar lebih tertuju kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.


BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Demikian bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada ilmu sosial dan berhubungan erat dengan tata cara bersosialisasi/berinteraksi dengan masyarakat secara umum, sehingga ISD dan IPS sama pentingnya untuk kita pelajari. Dengan pembahasan tersebut kita diharapkan dapat menerapkan ilmu-ilmu tersebut dengan benar dan tepat dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk itu perlu adanya pengetahuan lebih dari kita untuk memilih atau mencari jati diri kita dengan sosialisasi yang tepat dan tidak menyimpang dari etika dan norma yang  ada.




Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar